http://cursor.com/images/10a.gif

MAIL SERVER

Mail Server
http://s3.amazonaws.com/readers/2010/07/11/mail-server_1.png
Mail Server adalah sebuah komputer yang berfungsi sebagai kantor pos elektronik untuk email . Mail dipertukarkan melalui jaringan dilewatkan antara server yang dirancang khusus menggunakan perangkat lunak yang dibuat berdasarkan protokol standar untuk menangani mail, dan file lampiran. Internet Service Provider (ISP) memiliki mail server untuk menangani mail klien mereka, kadang-kadang disebut sebagai server mail pribadi. Beberapa situs juga menawarkan layanan email publik, memanfaatkan server sendiri seperti gmail atau yahoo mail.

PENGERTIAN MAIL SERVER

Setiap email yang dikirim melewati serangkaian Mail Server sampai ke tujuan penerima yang dimaksudkan. Meskipun mungkin tampak seperti pesan yang dikirim langsung – zipping dari satu PC ke yang lain dalam sekejap mata – kenyataannya adalah bahwa pengeriman email melewati serangkaian proses yang kompleks ketika transfer email berlangsung. Tanpa rangkaian mail server, Anda hanya akan dapat mengirim email ke orang-orang yang email address yang sama dengan anda – misalnya, Anda hanya bisa mengirim pesan dari satu akun ke akun pacarita.com ke pacarita.com yang lain.

Kelebihan Mail Server:
1. Lebih menghemat bandwith
2. Lebih cepat & efisien
3. Mudah mengatur account
4. Jika ada apa2 bisa langsung ditangani sendiri
5. dll
Kekurangan Mail Server :
1. Tidak praktis (infrastruktur, administrasi, dll)
2. Keamanan email dari hacker
3. Jika email keluar kadang membutuhkan proses waktu yang lama
4. Jika server down dan tidak ada backup maka kita bisa kehilangan      email
5. dll

 

JENIS MAIL SERVER

Mail server dapat dibagi menjadi dua kategori utama: server surat keluar dan server surat masuk. Server surat keluar dikenal sebagai SMTP , atau Simple Mail Transfer Protocol. Server surat masuk datang dalam dua varietas utama. POP3 , atau Post Office Protocol versi 3, server yang terbaik dikenal untuk menyimpan pesan yang dikirim dan diterima pada PC ‘hard drive lokal. IMAP , atau Internet Message Access Protocol, server selalu menyimpan salinan pesan pada server. Kebanyakan server POP3 dapat menyimpan pesan pada server juga yang jauh lebih nyaman.
Contoh-contoh Penerapan Mail Server
Media redaksi di televisi :
     1. RCTI       -->webmaster@rcti.tv
     2. ANTV      -->humas@an.tv
     3. Global TV-->suratpemirsa@globaltv.co.id

     4. trans 7    --> public.relations@trans7.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

 

Akeda Cameyy © 2012 | Designed by Tagamet for warts

Thanks to: No Deposit Casino Bonus, Spielautomaten and Bajar de peso